Wednesday, July 2, 2008

Kelas Empat!

Kemarin, aku ikut ibu ngambil buku di sekolah.. Yah, aku nggak ketemu teman-temanku, sih! Tapi, ya ampun, buku-buku kelas empat itu, banyak sekali! Terutama LKnya. LK itu hampir duapuluh, banyaknya! Bagaimana coba, cara aku mengerjakannya? Aduh! Dalam buku matematika saja, ada pelajaran tentang angka romawi! Pas, pertama kali aku membuka buku matematika baruku di BAB angka romawi, aku berusaha menghapalkan angka-angka dasar romawi. Tapi, aku cuma hapal beberapa. Sekarang aja, udah lupa lagi! Pasti aku bakal sedikit kesusahan mengerjakan ujian matematika kelas empat. Terus, tadi aku juga buka-buka buku PLBJ. Pelajarannya! Tentang Adat Betawi lah, Cerita Begawan Sukri lah, masih banyak lagi deh! Aku merasa sedikit takut. Tapi, motoku kan,"Jangan Menyerah Sebelum Mencoba!" yah, memang sih, jangan putus asa dulu. Kita kan belum tahu seperti apa cara gurunya mengajar. Kalau baik, kita pasti mengerti. Masalahnya, jika gurunya galak! Gimana kita mau paham, coba! Kan, pelajaran harus dipahami benar-benar. Kalau tidak, celakalah kita. Tidak akan naik kelas, deh! Jadi pesanku, "Pelajaran dipahami yang benar, dengarkanlah benar-benar saat gurumu menjelaskan!" udah dulu ya, Bye!

3 comments:

JengMayNot said...

Ibu hafal! Ibu hafal! Nih Ibu kasih rumus:

Bilangan Romawi itu cuma bisa berderet 3x. Jadi, selalu ganti lambang tiap kelipatan 5

I = 1
II = 2
III = 3
IV = 5 - 1 = 4
V = 5
VI = 5 + 1 = 6
VII = 5 + 2 = 7
VIII = 5 + 3 = 8
IX = 10 - 1 = 9
X = 10

Gitu Mbak :)

Jenny Jusuf said...

"Pasti aku bakal sedikit kesusahan mengerjakan ujian matematika kelas empat."

Kan cuma sedikit, Mbak. Nggak apa-apa, asal banyak bisanya ;-)

Anonymous said...

Mba Ima, ini beneran tulisannya yah hehehe, hbs udah teratur banget dan rapi.

utk matematikanya,, selain udah diberi rumus sama Ibu, mb Ima biasakan aja nulis angka2 skrg dgn angka romawi, kan kalo udah terbiasa bakalan ingat deh.

semangat yah.

HM